Punya bisnis (sekelas UKM sekalipun) tetapi tak memiliki website, 
sepertinya sekarang sudah terasa kuno. Namun banyak perusahaan yang 
website-nya hanya perpanjangan display pemasaran saja yang tidak 
dikelola dengan baik. Bahkan untuk menghubungi ke mana harus membeli 
barang yang ditawarkan pun sulit karena informasi nomor telepon tak 
dicantumkan di website.
Nah, ada 10 hal penting yang harus diikuti jika mengelola bisnis agar efektif fungsinya.
1.Website
 harus menggambarkan dengan jelas siapa kita. Pengunjung yang datang ke 
website kita sebaiknya jangan biarkan ia mencari-cari siapa sebenarnya 
kita atau apa yang kita tawarkan. Untuk memudahkannya, menurut John 
Zhuang, dari Winning Interactive, perusahaan desain web, sebaiknya di 
halaman pertama sudah tampak nama kita dan produk apa yang ditawarkan. 
"Pengunjung harus bisa menarik kesimpulan dalam 2-3 detik dan setelah 
itu ia akan terdorong untuk mengekplorasi apa saja yang ada di website 
tersebut," katanya.
2. Simpel. Gunakan nama domain yang mudah 
diingat dan simpel. Sebaiknya hindari nama domain yang menggunakan garis
 penghubung (misalnya, bisnis-ku.com) atau angka karena itu bisa 
memusingkan SEO.
3. Desain website sederhana dan mudah navigasinya.Intinya, pengunjung dibuat mudah menemukan apa yang dicarinya.
4.
 Mudah menemukan contact information. Jika kita tak mau kehilangan 
konsumen yang sudah tertarik pada produk yang kita tawarkan di website, 
sebaiknya cantumkan nomor kontak telepon atau email yang bisa dihubungi.
 Kalau perlu buat juga form isian untuk menghubungi kita. Jangan biarkan
 pengunjung mencari-cari.Bahkan majalah Forbes menyarankan cantumkan 
juga alamat dan peta Google map.
5. Testimoni. Sertakan juga 
testimoni konsumen. Pengakuan yang jujur (testimoni) dari para pengguna 
produk atau jasa kita akan membantu calon konsumen kita segera percaya 
pada apa yang ditawarkan. "Orang suka mendengan cerita langsung dari 
pengguna sebenarnya," ujar Zhuang.
6. Perjelas apa yang 
diharapkan dari pengunjung. Jika mengharapkan pengunjung menerima pesan 
diskon kita, sebaiknya tunjukkan pesan itu dengan jelas. Misalnya, kata 
"diskon" dibuat lebih tebal dan jelas sehingga mudah terlihat. Atau buat
 link khusus ke arah keterangan selanjutnya yang mudah ditemukan.
7.
 Pahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). SEO ini akan 
memudahkan website atau informasi di website kita ditemukan mesin 
pencari (seperti Google, Yahoo, dan sebagainya). Tak perlu membuat kata 
kunci yang sulit dan tak berhubungan dengan bisnis kita. Buatlah keyword
 yang relevan yang terdapat dalam keterangan, link, atau judul halaman 
itu.
8. Konten segar dan berkualitas. Untuk sebagian besar 
bisnis, website adalah kesan pertama yang akan diterima konsumen. Karena
 itu berilah kesan terbaik bagi pengunjung. Berikan kontennya original, 
ditulis dengan baik dan bernilai bagi pengunjung. Jangan lupakan update.
 Konten yang segar akan menjadi kunci sukses SEO-nya juga.
9. 
Website aman. Gunakan platform yang membuat website kita aman dari 
pembajakan. Ini akan membuat pengunjung nyaman saat mengeksplorasi 
konten kita. Selain itu, dengan platform yang tak mudah diobrak-abrik 
hacker, itu akan memudahkan kita mengelolanya.
10. Desain website
 familiar. Umumnya pengunjung akan membuka satu halaman dulu sebagai tes
 dengan mengulurnya hingga habis. Jika merasa nyaman baru akan membaca 
isi halaman tersebut. Oleh karena itu buat halaman web' tak memusingkan 
pengunjung. Hal yang penting diperhatikan adalah:
-Buat paragraf-paragraf pendek dan bila perlu dengan menggunakan subjudul.
-Gunakan poin-poin (bullet point) untuk memerinci bahasan yang akan memudahkan pembaca memahaminya.
-Highlight informasi penting seperti dengan huruf tebal atau warna tertentu.
